Selasa, 26 Februari 2019

PERKARA YANG DAPAT MERUBAH WATAK SESEORANG



PERKARA YANG DAPAT MERUBAH WATAK SESEORANG

عن أبي هريرة، رضي الله عنه، عن النبي ﷺ قال:

(مَنْ بَدَا فَقَدْ جَفَا، وَمَنِ اتَّبَعَ الصَّيْدَ غَفَلَ، وَمَنْ أَتَى أَبْوَابَ السَّلاَطِيْنِ اِفْتَتَنَ، وَمَا ازْدَادَ عَبْدٌ مِنَ السُّلْطَانِ دُنُوًّا إِلاَّ ازْدَادَ مِنَ اللهِ بُعْدًا)

Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, Nabi ﷺ bersabda:

Barangsiapa yang tinggal di padang sahara, maka akan benar-benar kasar perangainya. Barangsiapa yang mengikuti hewan buruan, maka akan lalai. 
Barangsiapa yang mendatangi pintu-pintu penguasa, maka akan tergoda. Dan tidaklah seorang hamba bertambah dekat dengan penguasa, kecuali bertambah jauh dari Allah.

Hadits shahih riwayat Abu Dawud  [2859] dan al-Baihaqi dalam al-Sunan al-Kubra [20752] dengan sanad yang shahih.

Hadits di atas menjelaskan tentang hal-hal yang berpengaruh terhadap kehidupan seseorang.

Pertama, orang yang tinggal di padang sahara, dengan menjadi masyarakat badui, maka akan berwatak kasar dalam menghadapi orang lain seperti orang-orang badui. Orang yang wataknya kasar, akan meremehkan kebenaran dan terang-terangan melakukan kebatilan.

Kedua, orang yang kerjanya berburu hewan, maka hatinya akan lalai. Orang yang lalai akan berpaling dari kebenaran dan tertipu dengan angan-angan.

Ketiga, orang yang mendatangi pintu penguasa, maka hatinya akan tergoda. Karena orang yang mendatangi mereka, ada kalanya memperhatikan kehidupan mereka yang serba enak, maka ia akan meremehkan nikmat Allah yang diberikan kepadanya. Atau melihat perbuatan dan kebijakan mereka yang tidak sesuai dengan kebenaran, maka ia mengabaikan dan tidak mengingkari terhadap hal itu, maka ia menjadi fasiq. Karena itu, semakin dekat seseorang dengan penguasa, maka semakin jauh dari Allah, karena semakin banyak kenikmatan yang tidak disyukuri dan semakin banyak kemungkaran di lingkungan kekuasaan yang dia abaikan.

من صاحب أصغر فكان من الاصغر ولو كان من الأخير
ومن صاحب أخير فكان من الأخير ولو كان الاصغر

Siapa yang berteman dengan para pendosa, maka ia dari golongan mereka dan siapa yang berteman dengan orang-orang pilihan maka ia akan jadi orang orang pilihan walau dulunya ia adalah seorang pendosa 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Featured Post

Hari ini, 3 Guru LPI-BUDI tungkop Menikah..Ustadz Ku Imam Ku.

Haba Dayah Lam Nangroe.,- 3 Guru LPI-BUDI Tungkop indrajaya kab: pidie  ,,, Tgk Muliadi gapui , Tgk khairul Bambi , Tgk Syahril Tp.Raya , h...

Unordered List

Pages

Theme Support